Kamis, 18 Agustus 2016

Manfaat Kumis Kucing adalah sebagai Pembersih Ginjal

Manfaat Kumis Kucing adalah sebagai Pembersih Ginjal - Kumis kucing merupakan tanaman obat tradisional yang sudah dimanfaatkan masyarakat Asia sejak jaman dulu. Daun ini diyakini mempunyai khasiat untuk mengobati penyakit yang berkenaan dengan ginjal. Di luar negeri ramuan daun ini sering juga disebut dengan Indian Kidney Tea / Java Tea.

Manfaat Kumis Kucing adalah sebagai Pembersih Ginjal
Pembersih Ginjal
Tanaman kumis kucing mempunyai nama latin Orthosiphon aristatus. Tanaman ini dapat tumbuh di iklim tropis & subtropis. Penyebarannya meliputi Asia Tenggara, Asia Timur sampai ke Australia (Queensland).

Kumis kucing mempunyai bunga yang khas. Berwarna ungu keputih-putihan, bunganya tersusun seperti pucuk cemara. Pada pangkalnya ada benang-benang halus menyerupai kumis kucing.

Manfaat kumis kucing


Daun kumis kucing mengandung beberapa zat aktif yang berguna sebagai obat. Diantaranya ialah rosmarinic acid, lipophilic flavonoids, sinensetin, orthosiphol & orthosiphon. Zat-zat tersebut mempunyai peran sebagai anti radang & antioksidan.

Dalam pengobatan tradisional, daun ini sering digunakan untuk peluruh batu ginjal. Cara kerjanya sebagai diuretik, mencuci / membersihkan saluran kencing. Selain itu, zat aktif yang ada di dalamnya juga bisa menyembuhkan peradangan yang ada pada ginjal, kandung kemih & saluran kencing.

Hampir semua bagian tanaman kumis kucing dapat dimanfaatkan, mulai dari daun, bunga, sampai batang. Daun merupakan bagian yang paling banyak digunakan sebagai ramuan teh. Dapat dikonsumsi dalam keadaan segar maupun kering. Selain berupa ramuan teh, dewasa ini ditemukan juga dalam bentuk tablet & kapsul.

Dosis penggunaan dalam bentuk teh biasanya sekitar 2 sampai 4 gelas per hari. Dengan satu kali minum sekitar 150 sampai 200 ml. Dalam prakteknya, seringkali dicampurkan dengan berbagai jenis herbal lainnya.

Selain sebagai pengobatan ginjal, daun ini juga sering dipakai untuk pengobatan asam urat, hipertensi, diabetes & berbagai penyakit lainnya. Penggunaannya dapat tunggal atau dicampur dengan berbagai jenis herbal lainnya.

Tips pengolahan Kumis Kucing


Cara mengolah kumis kucing sebagai obat diuretik cukup sederhana, sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja tidak harus seseorang yang mempunyai pengalaman di bidang obat-obatan. Kamu cukup merebus daunnya. Lalu tunggu hingga air rebusan menyusut jumlahnya & disaring sebelum diminum.

Untuk mengobati anyang-anyangan rebus 30 gram daun dengan 3 gelas air (600 ml). Tunggu sampai jumlah air tinggal setengahnya. Lalu saring airnya, teh siap untuk diminum.

Untuk pengobatan batu ginjal rebus 90 gram daun & batang dengan satu liter air. Didihkan air sampai tersisa 600 ml, lalu minum sebanyak 3 kali sehari, masing-masing 200 ml.

Selain itu, kamu dapat menggabungkan daun kumis kucing dengan beberapa daun-daunan lain seperti : alang-alang, meniran / daun keji beling untuk mendapatkan khasiat yang lebih maksimal.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat kumis kucing pembersih ginjal semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi kamu semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar